IMPLEMENTASI PENDEKATAN MULTI REPRESENTASI PADA MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI
Main Authors: | Habibah, Siti, Bunawan, Wawan |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Lembaga Penelitian Unimed
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/51724/1/Fulltext.pdf http://digilib.unimed.ac.id/51724/ https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/penelitian/article/view/12162/0 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inquiry training dengan pendekatan multi representasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok usaha dan energi. Jenis penelitian ini adalah quasi exsperiment dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Medan yang berjumlah 9 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang ditentukan dengan teknik random sampling, yaitu Kelas X-MIA 6 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry Training dengan Pendekatan Multi Representasi dan kelas X-MIA 5 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran Inquiry Training, jumlah siswa masing-masing kelas 30 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, berupa tes objektif yaitu soal kognitif sebanyak 15 soal dan soal berbasis inquiry training sebanyak 15 soal serta observasi aktivitas. Menguji hipotesis digunakan uji t, setelah uji persyaratan dilakukan yaitu uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh ada pengaruh yang signifikan dari implementasi model pembelajaran Inquiry Training dengan Pendekatan Multi Representasi secara signifikan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok usaha dan energi kelas X SMAN 3 Medan.