MENGANALISIS PENGETAHUAN INKUIRI SAINS CALON GURU FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN INSTRUMEN TES ESENSI INKUIRI SAINS OPTIKA GEOMETRI

Main Authors: Bunawan, Wawan, Setiawan, Agus
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: PPS UNIMED , 2013
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/51706/1/Fulltext.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/51706/
https://doi.org/10.22611/jpf.v2i1.4338
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi hubungan antara kemampuan pengetahuan esensi inkuiri sains dengan alasan atau argumen yang mendasari esensi inkuiri sains calon guru Fisika untuk meteri optika geometri. Esensi inkuiri sains merupakan komponen yang selayaknya muncul selama proses pembelajaran materi optika geometri topik pemantulan cahaya pada cermin datar, pemantulan cahaya pada cermin lengkung dan pembiasan cahaya pada lensa. Lima esensi inkuiri sains diambil dari sistem asesmen yang dikembangkan oleh National Research Council. Konten optika geometri dikembangkan dari analisis materi silabus beberapa perguruan tinggi. Berdasarkan kajian esensi inkuiri sains dan konten dikembangkan tes diagnostik pilihan ganda tiga tingkat. Data penelitian diambil dari mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah optika gelombang dari salah satu LPTK negeri di Sumatera Utara berjumlah 38 mahasiswa. Instrumen menunjukkan reliabilitas Cronbach alpha sebesar 0,67 untuk tes esensi inkuiri sains dan 0,61 untuk alasan atau argumen inkuiri sains optika geometri.