Pengembangan Media English Vocabulary Card Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas V SD Negeri 106806 Cinta Rakyat T.A. 2022/2023
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yaitu Pengembangan media English Vocabulary Card Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris kelas V SD Negeri 106806 Cinta Rakyat T.A 2022/2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifan media English Vovabulary Card Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris kelas V SD Negeri 106806 Cinta Rakyat T.A 2022/2023. Jenis penelitian yang dipakai pada penelitian ini ialah menggunakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE melalui 5 tahapan yaitu tahap analysis, design, development, implementation, and evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V-A SD Negeri 106806 Cinta Rakyat sebanyak 22 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan ini meliputi validasi dari ahli yang merupakan penilaian media English Vocabulary Card oleh ahli media, ahli materi dan ahli praktisi pendidikan yaitu guru kelas V-A SD Negeri 106806 Cinta Rakyat. Pada penilaian media English Vocabulary Card memperoleh nilai oleh ahli media mendapatkan skor akhir sebesar 84% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil validasi oleh ahli materi mendapatkan skor sebesar 100% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil validasi oleh praktisi pendidikan yaitu guru kelas V-A SD Negeri 106806 Cinta Rakyat mendapatkan skor sebesar 86% dengan kategori “Sangat Praktis”. Hasil pretest nilai rata-rata siswa memperoleh nilai sebesr 60,4 dengan kategori “Kurang Efektif” dan pada tahap posttest nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan dengan nilai sebesar 90,9 dengan kategori “Sangat Efektif”. Hasil belajar siswa mengalami kenaikan sebesar 30,5. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa Media English Vocabulary Card pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas V SD Negeri 106806 Cinta Rakyat dinyatakan layak, prakti dan efektif untuk digunakan oleh siswa pada saat proses pembelajaran