MENGEMAS PEMBELAJARAN PJOK YANG INOVATIF DAN ADAFTIT BAGI SISWA SD SELAMA BELAJAR DARING
Main Author: | Siregar, Samsuddin |
---|---|
Format: | BookSection PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
PERDANA PUBLISHING
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/51675/2/book%20section.pdf http://digilib.unimed.ac.id/51675/1/Turnitin.pdf http://digilib.unimed.ac.id/51675/ |
Daftar Isi:
- Penyebaran covid-19 membuat tatanan pendidikan berubah pada berbagai aspek, terutama dalam proses pembelajaran yang biasanya dilakukan dengan tatap muka, namun karena covid-19 proses belajar dilakukan secara belajar dari rumah (BDR) dengan tujuan untuk memutus rantai penyebaran Covid19 di Indonesia. Bagi guru PJOK dalam kondisi belajar seperti ini, diperlukan berbagai inovasi metode, media, model, dan materi agar siswa tetap bela jar dengan fun dan bermanfaat. Inovasi dalam pembelajaran PJOK merupakan sesuatu yang harus dilakukan guru, ini dikarenakan karen a dinamika kehidupan man usia yang selalu berubah-ubah dari waktu ke waktu a tau dari masa ke masa. Dalam menjalani pembelajaran daring online oleh guru untuk siswa bukan hanya sekedar adanya fasilitas hand phone android dan kuota, namun guru harus merniliki kemampuan inovasi adaftit untuk mendesain pembelajaran yang tepat untuk siswanya. Ada tahapan yang harus dilakukan guru PJOK untukmenentukan pembelajaran yang inovatif dan adaftid bagi siswa selama belajar daring. (1) Guru perlu menganalisis lingkungan tempat tinggal siswanya, (2) Menetapkan media dan peralatan yangefektif, (3) Memberikan Layanan BelajarYang Berbeda An tar Siswa, dan ( 4) Guru bekerjasama dengan orangtua siswa. Keempat tahapan ini bila dilakukan secara optimaL diyakini akan memberikan hasil yang positif dalam mencapai tujuan pembelajaran PJOK.