Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema 8 Subtema 1 Kelas IV Di SD Negeri 105351 Bakaran Batu T.A. 2021/2022
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi olreh rendahnya hasil belajar siswa pada tema 8 subtema 1 di kelas IV. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada tema 8 subtema 1 kelas IV di SD Negeri 105351 Bakaran Batu T.A. 2021/2022. Penelitian ini menggunakan Pre - Eksperimental dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Subjek yang digunakan dalam penelitian yaitu kelas IVA yang berjumlah 36 siswa. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar siswa yang benbentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan hipotesis yaitu uji-t dengan bantuan program Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbandingan nilai rata-rata pada pretest yaitu sebesar 49,31 sedangkan pada data posttest memiliki rata-rata sebesar 79,86. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang dilakukan dengan signifikan α = 0,05 dengan db (n-1 = 35) maka diperoleh ttabel sebesar 1,689. Sehingga kriteria penarikan kesimpulannya yaitu thitung > ttabel yaitu 5,916 > 1,689. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dengan pernyataan terdapat pengaruh dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa tema 8 subtema 1 kelas IV SD Negeri 105351 Bakaran Batu T.A. 2021/2022.