PENGEMBANGAN INSTRUMEN KONSTRUK KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SD KOTA MEDAN
Main Authors: | Sumarno, , Yus, Anita, Suherman, |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/51612/1/Fulltext.pdf http://digilib.unimed.ac.id/51612/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan bagian awal dari model kontruk kecerdasan emosional siswa sekolah dasar. Pada bagian ini dipaparkan hasil pengembangan instrumen yang akan digunakan untuk mengumpulkan data konstruk kecerdasan emosional. Instrumen yang dikembangkan ada empat instrumen, yaitu: instrumen kecerdasan emosional, pola asuh orang tua, kualitas pembelajaran, dan kualitas guru. Metode yang digunakan mencakup validasi kualitatif, yaitu dengan mencermati content validity (face dan logical validity), dan validasi kuantitatifnya menggunakan condirmatory factor analysis (CFA) dengan berbantukan program Lisrel 8.51. Hasil pengembangan secara kualitatif instrumen dinyatakan baik (tidak ada yang gugur) atau dapat dikatakan bahwa butir instrumen dari masing-masing instrumen telah mengacu pada teori yang dirujuk. Setelah divalidasi dengan CFA menunjukkan bahwa butir-butirnya sudah memilih goodness of fit index (GFI) yang memadai. Jumlah butir instrumen kecerdasan emosional anak Sd hasil kompilasi akhir ada 19 butir, instrumen kualitas pembelajaran 39 butir, kualitas guru 31 butir, dan pola asuh 17 butir.