Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievent Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada tema 7 subtema 1 di kelas V SD Negeri 139 Sirambas T.A 2021/2022
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi kenyataan bahwa guru cenderung menerapkan model pembelajaran konvensional, pembelajaran sering didominasi oleh guru, sehingga proses pembelajaran kurang menarik ,siswa kurang diberi kesempatan untuk membangun dan menemukan sendiri pengetahuannya, dan siswa kurang diberi kesempatan untuk bekerjasama dalam kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas V SD Negeri 139 Sirambas semester genap tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini dilakukan pada materi yakni peristiwa kedatangan bangsa barat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, dan desain penelitian quasy eksperimen. Pengambilan data sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sample. Sampel penelitian ini berjumlah 50 orang dengan populasi sebanyak 50 orang. Perlakuan yang peneliti berikan kepada kelas eksperimen bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang terjadi terhadap hasil belajar dengan menggunakan metode pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data berupa tes objektif dengan bentuk pilihan ganda. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh t hitung > t tabel yakni 2,38 > 1,67722 dengan α =0,05 yang berarti H0 ditolak. Rata-rata hasil belajar siswa yang diukur dengan posttest setelah dilakukan pembelajaran, yakni pada kelas eksperimen 82,1 dan kelas kontrol 77,9. Sehingga Ha diterima yaitu terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas V SD Negeri 139 Sirambas