PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TERHADAPLINGKUNGAN PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X DI SMAN 1 PANGURURAN T.P 2022/2023
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari pengembangan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) berbasis Keterampilan Proses Sains pada materi keanekaragaman hayati berdasarkan ahli materi, ahli pembelajaran, ahli desain, tanggapan guru biologi, respon peserta didik dan keefektifan serta sikap terhadap lingkungan siswa setelah menggunakan LKPD Sampel peneltitian ini berjumlah 36 siswa kelas X dan penelitian ini merupakan penelitian Research & Develpoment (R&D) menggunakan model 4D. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket validasi ahli materi, ahli pembelajaran, ahli desain, tanggapan guru biologi, respon peserta didik terhadap LKPD berbasis keterampilan proses sains dan instrumen tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD ini layak berdasarkan penilaian validator materi (90%), pembelajaran (97,5%), dan desain (89,58%). Hal yang sama juga ditemukan terhadap respon guru Biologi (92,57%), dan angket respon peserta didik dinyatakan Baik dengan persentase skor 94,50%. Sedangkan hasil analisis LKPD terhadap peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan N-Gain Score diperoleh dengan kategori sedang (0,69) sedangkan untuk analisis sikap siswa terhadap lingkungan menunjukkan bahwa LKPD termasuk dalam kategori sedang (0,64). Maka diperoleh peningkatan sikap terhadap lingkungan setelah menggunakan LKPD tersebut.