Daftar Isi:
  • Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan dan akseptabilitas siswa pada media pembelajaran flipbook berbasis model Project Based Learning (PjBL) pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar di SMKN 1 Portibi. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) di SMKN 1 Portibi. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Instrumen yang digunakan berupa angket/kuesioner. Media yang dikembangkan divalidasi oleh 2 ahli materi dan 2 ahli media, dan dilakukan uji coba akseptabilitas siswa yang dilakukan kepada 12 siswa kelas X TKJ SMKN 1 Portibi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada uji kelayakan materi oleh ahli materi 1 mendapatkan nilai rata-rata 3,36 dengan kriteria sangat baik dan ahli materi 2 mendapatkan nilai rata-rata 3,55 dengan kriteria sangat baik. Kemudian hasil penelitian yang dilakukan pada uji kelayakan media oleh ahli media 1 mendapatkan nilai rata-rata 3,46 dengan kriteria sangat baik dan ahli media 2 mendapatkan nilai rata-rata 3,35 dengan kriteria sangat baik. Untuk uji akseptabilitas yang dilakukan didapatkan nilai rata-rata 3,56 dengan kriteria sangat baik. Hasil analisis data pada uji kelayakan media, materi dan akseptabilitas menunjukkan bahwa media pembelajaran flipbook berbasis model PjBL yang dikembangkan ini sangat layak digunakan pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar, khususnya di SMKN 1 Portibi.