Pengaruh Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Terhadap Kemampuan Memahami Teks Puisi Pada Siswa Kelas VIII SMP S HKBP Pardamean
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap kemampuan memahami teks puisi pada siswa kelas VIII SMP S HKBP Pardamean. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Swasta HKBP Pardamean Medan. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan pada guru Bahasa Indonesia SMP Swasta HKBP Pardamean diketahui bahwa sisiwa kelas VIII SMP S HKBP Pardamean dalam memmahami teks puisi masih rendah. Untuk itu perlu adanya inovasi untuk mengembangkan proses pembelajaran dan hasil belajar peserta didik, salah satunya adalah dengan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA). Jenis penelitian ini yaitu Pre-Eperimental Design (nondesign) metode One-group pretest-postest design. Penelitian ini dilakukan dikelas VIII SMP S HKBP Pardamean dengan langkah awal memberikan prestest tanpa perlakuan setelah itu memberikan perlakuan yaitu strategi (DRTA) kemudian melakukan posttest dengan menggunakan srategi (DRTA). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan uji validitas, uji reabilitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, dengan menggunakan uji-t menunjukkan bahwa thitung=17,704 dan ttabel= 0,413 dengan taraf signifikasi 5%. Karena thitung > ttabel = maka H1 diterima dan H0 ditolak, hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh signifikan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap kemampuan memahami teks pusi SMP S HKBP Pardamean.