Daftar Isi:
  • Pengembangan multimedia pembelajaran dengan menggunakan teknologi Augmented Reality dapat menjadi solusi yang tepat dalam pembelajaran seperti pada mata pelajaran kejuruan dasar yang ada disekolah menengah kejuruan. Teknologi ini memungkinkan untuk memvisualisasikan objek 3D secara real time dan terkesan nyata. Media di sekolah masih bersifat konvensional dan cenderung tertinggal oleh zaman serta keberadaan smartphone android yang masih banyak disalah gunakan dan belum di optimalkan secara baik sebagai media pembelajaran. Mengembangkan media augmented reality sebagai alat peraga untuk memvisualisasikan objek 3D hardware atau perangkat keras komputer. Sehingga memudahkan pengenalan dan membantu siswa dalam memahami serta merakit hardware kepada siswa kelas X SMK Negeri 1 Stabat. Mengetahui tingkat keefektivitas mengenai media pembelajaran pengenalan hardware kepada siswa kelas X SMK Negeri 1 Stabat. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dan menggunakan model pengembangan Define, Design, Develop and Disseminate (4D models). Berdasarkan data yang didapat selama penelitian, hasil validasi media oleh ahli kedua validator diketahui mendapatkan penilaian rata-rata sebesar 4,55 (Sangat Layak), hasil validasi materi oleh ahli kedua validator diketahui bahwa mendapatkan penilaian rata-rata sebesar 4.22 (Sangat Layak), hasil pengguna media oleh siswa kelas X TKJ 3 SMK Negeri 1 Stabat bahwa mendapatkan penilaian rata-rata sebesar 4,63 (Sangat Layak), hasil efektivitas media yaitu dapat dilihat dari uji coba pre-test dari 29 siswa mendapatkan nilai 67,9 dengan nilai <75, hasil post-test pada uji coba mendapatkan nilai 93,4, hasil uji coba N-Gain dengan hasil sebesar 69% katergori tinggi dan 31% kategori sedang. Rata-rata hasil N-Gain adalah 0,83 dengan kategori tinggi dan produk tersebut di katakan efektif untuk digunakan.