Daftar Isi:
  • Penelitian ini pada dasarnya dimaksudkan untuk mencari tahu: (1) proses pengembangan dan pengujian media Android pada materi alur dan struktur bahasa pemrograman dari awal sampai lulus uji kelayakan, (2) hasil uji kelayakan dan efektivitas media Android di kelas X SMK Grafika Bina Media Medan.Metode dalam penelitian ini adalah ASSURE dengan tahapan mencari tahu karakter siswa; menetapkan kompetensi atau tujuan pembelajaran; memilih metode, media, dan bahan ajar yang cocok; pemanfaatan bahan ajar dan media; mengikutsertakan siswa dalam pembelajaran memakai media yang telah dikembangkan dan bahan ajar; dan evaluasi dan perbaikan terhadap media dan bahan ajar yang telah diuji coba.Hasil yang didapat antara lain: (1) media Android telah dikembangkan dengan platform situs beralamat creator.kodular.io (2) uji kelayakan media yang diperoleh dari kelayakan ahli materi sebesar 4,47 dan dinyatakan “Sangat Layak”, hasil kelayakan ahli media sebesar 4,4 dinyatakan “Sangat Layak”, serta hasil dari akseptansi siswa sebesar 4,71 dan dapat dikategorikan “Sangat Tinggi”. Uji efektivitas pada hasil belajar murid menggunakan media Androidmendapatkan perolehan rata-rata sebesar 89,09 lebih tinggi dibandingkan pembelajaran sebelum memakai media dengan nilai rata-rata 60,22. Berdasarkan perolehan rata-rata tersebut dapat diketahui bahwa pembelajaran memakai media berbasis Android yang telah dikembangkan dengan Kodular lebih efektif meningkatkan nilai siswa pada mata pelajaran Pemrograman Dasar Kelas X SMK Grafika Bina Media Medan.