PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE INTERACTIVE DEMONSTRATION BERBASIS MOBILE DI SMK NEGERI 13 MEDAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media Pembelajaran Desain Grafis berbasis Mobile dengan menerapkan metode pembelajaran Interactive Demonstration. Mengetahui bagaimana Tingkat kelayakan dan Efektivitas Media Pembelajaran yang diterapkan pada mata pelajaran Desain Grafis kelas XI di DGK SMK Negeri 13 Medan. Penelitian ini adalah pengembangan dengan model pengembangan Agile yang terdiri dari 5 tahap yaitu (1) Requirments, (2) Design, (3) Develop, (4) Design, (5) Deploy. Penelitian ini dilakukan pada kelas XI Desain Grafis SMK Negeri 13 Medan. Bagian tahap pengujian diantaranya uji materi oleh validator ahli materi, Uji Kelayakan Media ini melibatkan 2 Validator Materi, 2 Validator Media, dan Siswa. Hasil yang didapatkan pada pengujian ini sebagai berikut; (1) Hasil pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran untuk perangkat Android. Media Pembelajaran Desain Grafis berbasis Mobile ini terdiri dari komponen utama, Materi, Simulasi, Video, Galeri, Pengenalan, KI/KD, Game Quiz berbentuk Soal Pilihan Ganda, Petunjuk dan Panduan Penggunaan Aplikasi, Modul Kit, dan Eva Result Test sebagai Fitur; (2) Hasil pengujian Blackbox testing menunjukan semua fungsi dan fitur berjalan sesuai ekspetasi yang baik tanpa adanya error. (3) Hasil Uji Efektivitas berupa Kelayakan, pada domain Konstruksi dengan Mean Skor 4,33. Materi dengan mean skor 4,31 dan Akseptansi dengan mean skor 4,52. Pengujian ini juga melakukan Uji Independent Samples T-Test dengan hasil terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar dari kelas eksperimen dan kontrol.