PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN ALAT-ALAT UKUR MEKANIK DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SWASTA PRAYATNA 2 MEDAN
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar menggunakan alat alat ukur mekanik pada siswa kelas X jurusan teknik kendaraan ringan ( TKR) di SMK Swasta Prayatna 2 Medan. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan empat tahapan yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi atau pengamatan, 4) refleksi.Subjek penelitian ini adalah 33 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi dan tes hasil belajar. Intrument penelitian menggunakan angket model likert untuk respon siswa dan tes objektif untuk tes hasil belajar. Uji validitas instrument menggunakan koefisien korelasi produk moment dan uji reabilitas menggunakan alpha cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif. Data yang dianalisis berupa rata-rata dan presentase hasil belajar siswa.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran alat alat ukur mekanik dengan diterapkannya pembelajaran menggunakan media benda nyata. Hal ini terbukti pada pra siklus dengan nilai rata-rata 70,22 kemudian meningkat pada siklus I dengan nilai rata-rata 74,20 kemudian meningkat lagi pada siklus II dengan nilai rata-rata 81,47. Sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa pada pra siklus 30,3% sedangkan pada siklus I adalah 54,5% kemudian meningkat lagi pada siklus II yaitu 84,8%.