HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN KEAKTIFAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI TEKNIK PEMESINAN DI SMK N 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2021/2022
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini untuk mengetahui besarnya: (1) Hubungan komunikasi interpersonal dengan hasil belajar kewirausahaan, (2) Hubungan keaktifan belajar siswa dengan hasil belajar kewirausahaan, (3) Hubungan komunikasi interpersonal dan keaktifan belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar kewirausahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif korelasional, memakai instrumen angket model likert. Jumlah populasi 69 siswa kelas XI program keahlian teknik pemesinan SMK Negeri 2 Medan. Dalam hal ini sampel penelitian adalah 59 siswa ditentukan dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Hasil penelitian ini di analisis menggunakan teknik korelasi parsial dan korelasi ganda dengan bantuan program Microsoft excel. Dari hasil analisis pada N=59 taraf signifikan 5%, temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara komunikasi interpersonal dengan hasil belajar kewirausahaan dengan koefisien korelasi parsial 0,474 (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara keaktifan belajar dengan hasil belajar kewirausahaan dengan koefisien korelasi parsial 0,720. (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara komunikasi interpersonal dan keaktifan belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar kewirausahaan. Berdasarkan hasil uji keberartian korelasi ganda (Fhitung) yaitu 9.843 dengan dk pembilang = 2 dan dk penyebut = 56, pada taraf signifikan 5% diperoleh Ftabel =3.159. Terlihat bahwa Fhitung > Ftabel yaitu 9.843 > 3.159. Dengan demikian hipotesis ketiga yang berbunyi, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara komunikasi interpersonal dan keaktifan belajar siswa secara bersama-sama dengan hasil belajar kewirausahaan pada siswa kelas XI teknik pemesinan SMK N 2 Medan dapat diterima.