Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan metode Kuasi-Eksperimen. Pada dasarnya rancangan ini menggunakan dua kelompok, namun pemilihan kedua kelompok tersebut bukan secara random. Kelompok yang terdiri dari kelompok kelas eksperimen dan kelompok kelas kontrol yang tidak dipilih secara Purposive dan dilakukan pretest kemudian dikenai treatment. Penelitian ini dilakukan dikelas X SMK Negeri 1 Lubuk Pakam yang dilaksanakan pada semester ganjil. Dalam pengambilan data, penelitian dilakukan sebanyak 4 pertemuan dengan urutan kegiatan pemberian pretest, treatment dan posttest. Populasi terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 122 orang. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukan bahwa, terdapat perbedaan yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada konsep mata pelajaran pekerjaan dasar teknik mesin. Hal tersebut didukung dengan hasil uji hipotesis nilai posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, dengan nilai t-hitung > t-tabel (3,115 > 2,045), yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima.