Daftar Isi:
  • Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Problem Based Learning memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Di Kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif SMK Negeri 5 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan populasi berjumlah 56 orang. Sampel pada penelitian ini ialah siswa kelas XI TKR 1 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakukan model pembelajaran Problem Based Learning dan kelas XI TKR 2 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan model pembelajaran Discovery Learning. Instumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar adalah tes pilihan ganda dengan jumlah soal 30. Dari hasil penelitian data pre-test dengan rata-rata kelas eksperimen ialah 36,22 dan kontrol ialah 28,84 dan hasil post-test kelas eksperimen diperoleh rata-rata sebesar 85,77 dan standar deviasi 11,67 sedangkan kelas kontrol diperoleh rata-rata nilai post-test sebesar 83,71 dengan standar deviasi 10,72. Pada pengujian normalitas dan homogenitas diperoleh bahwa data pre dan post test berdistribusi normal dan variannya homogen. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas diperoleh thitung sebesar 3,0223 dan ttabel sebesar 2,0032. Karena thitung> ttabel maka Ha diterima. Jadi berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan di kelas XI kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan otomotif SMK Negeri 5 Medan Tahun Ajaran 2022/2023.