Analisis Butir Soal Ujian Tengah Semester Ganjil Berbasis HOTS Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP IT Ad Durrah Tahun Pembelajaran 2021/2022
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendistribusian butir soal Ujian Tengah Semester Ganjil berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) di SMP IT Ad Durrah pada tahun pembelajaran 2021/2022 dan mengetahui kendala yang dialami guru dalam menyusun dan membuat butir soal ujian tengah semester ganjil berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS). Sumber data diperoleh dari soal ujian tengah semester ganjil mata pelajaran Bahasa Indonesia SMP IT Ad Durrah Tahun Pembelajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Hasilnya menunjukkan bahwa 20 soal untuk kelas VII terdapat 55% soal dengan kategori Low Order Thinking Skills (LOWS), 35% soal dengan kategori Middle Order Thinking Skills (MOTS), dan 10% soal dengan kategori Higher Order Thinking Skill (HOTS). Adapun 20 soal kelas VIII menunjukkan hasil 55% soal dengan kategori Low Order Thinking Skills (LOWS), 30% soal dengan kategori Middle Order Thinking Skills (MOTS), dan 15% soal dengan kategori Higher Order Thinking Skill (HOTS), sedangkan 20 soal pada kelas IX menunjukkan hasil 40% soal dengan kategori Low Order Thinking Skills (LOWS), 40%% soal dengan kategori Middle Order Thinking Skills (MOTS), dan 20% soal dengan kategori Higher Order Thinking Skill (HOTS). Adanya kendala yang dialami guru dalam penyusunan soal HOTS yaitu terbiasanya guru membuat soal LOTS dan MOTS, kesulitan dalam menyesuaikan stimulus, keterbatasan waktu pelaksanaan pelatihan pembuatan soal HOTS dan tidak adanya alat ukur kesesuaian soal yang dibuat guru dengan kompetensi dasar, indikator dan tingkat kesukaran. Maka, dapat ditarik kesimpulan bahwa perlu adanya sinergitas dan keselarasan yang baik antara guru dengan sekolah dan pihak lainnya.