Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan minat belajar terhadap hasil belajar siswa, (2) hubungan penguasaan teori terhadap hasil belajar siswa, dan (3) hubungan antara minat belajar dan penguasaan teori terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian merupakan penelitian korelasional. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Teknik Pemesinan di SMK N 1 Percut Sei Tuan sebanyak 64 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, soal tes dan dokumentasi nilai hasil belajar. Uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan antara minat belajar terhadap hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dari nilai r hitung lebih besar dari r tabel (0,490>0,246) dan nilai signifikasi 0,000<0,05; (2) terdapat hubungan antara penguasaan teori terhadap hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dari nilai rhitung lebih besar dari r tabel (0,457>0,246) dan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05; dan (3) hubungan antara minat belajar dan penguasaan teori terhadap hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dari koefisien korelasi atau R sebesar 0,605>0,246, dan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05.