Daftar Isi:
  • Penelitian bertujuan mengetahui besar hubungan antara kedisiplinan belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar teknik pemesinan bubut kelas XI SMK Negeri 2 Padang Sidimpuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian korelasional Sampel penelitian berjumlah 116 siswa, cara pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode Kerjcie Morgan (Isaac dan Michael) dengan tingkat kesalahan = 5%. Uji validitas instrumen menggunakan koefisien korelasi Product Moment, dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach dan Koefisien Kesepakatan. Hasil penelitian di analisis menggunakan koefisien korelasi Product Moment, Korelasi Parsial, dan korelasi ganda dengan bantuan program SPSS 25.0. Hasil penelitian menunjukkan; (1) terdapat hubungan signifikan antara kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar teknik pemesinan bubut. Diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,347; (2) terdapat hubungan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar teknik pemesinan bubut. Diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,375; (3) terdapat hubungan signifikan antara kedisiplinan belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar teknik pemesinan bubut. Dengan persamaan regresi Yˆ = 3,137 + 0,231 X1 + 0,408 X2, diperoleh koefisien korelasi sebesar (R = 0,431) dan nilai pengaruhnya 18,6%. Hasil analisis regresi nilai Fh = 21,879 dan harga Ft = 3,076 pada taraf signifikan 5%, sehingga Fh > Ft (21,879 > 3,076). Dengan demikian variabel kedisiplinan belajar, motivasi belajar, dan hasil belajar teknik pemesinan bubut memiliki hubungan yang signifikan.