Pengembangan Bahan Ajar Teks Puisi Berbasis Aplikasi Anchor Siswa Kelas X SMA Swasta Raksana Tahun Pembelajaran 2021/2022
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mendeskripsikan proses pengembangan Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mendeskripsikan proses pengembangan Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mendeskripsikan proses pengembangan Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mendeskripsikan proses pengembangan Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mendeskripsikan proses pengembangan Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mendeskripsikan proses pengembangan Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mendeskripsikan proses pengembangan Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mendeskripsikan proses pengembangan Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mendeskripsikan proses pengembangan Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mendeskripsikan proses pengembangan Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mendeskripsikan proses pengembangan Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mendeskripsikan proses pengembangan Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mendeskripsikan proses pengembangan Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mendeskripsikan proses pengembangan Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mendeskripsikan proses pengembangan Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mendeskripsikan proses pengembangan Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mendeskripsikan proses pengembangan Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mendeskripsikan proses pengembangan Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mendeskripsikan proses pengembangan Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mendeskripsikan proses pengembangan Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mendeskripsikan proses pengembangan Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mendeskripsikan proses pengembangan Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mendeskripsikan proses pengembangan Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mendeskripsikan proses pengembangan Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mendeskripsikan proses pengembangan Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mendeskripsikan proses pengembangan Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mendeskripsikan proses pengembangan Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mendeskripsikan proses pengembangan Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mendeskripsikan proses pengembangan Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mendeskripsikan proses pengembangan Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mendeskripsikan proses pengembangan Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mendeskripsikan proses pengembangan Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mendeskripsikan proses pengembangan Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mendeskripsikan proses pengembangan Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mendeskripsikan proses pengembangan Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mendeskripsikan proses pengembangan Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mendeskripsikan proses pengembangan Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mendeskripsikan proses pengembangan Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mendeskripsikan proses pengembangan Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mendeskripsikan proses pengembangan Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mendeskripsikan proses pengembangan Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mendeskripsikan proses pengembangan Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mendeskripsikan proses pengembangan Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mendeskripsikan proses pengembangan bahan ajar teks puisi berbasis bahan ajar teks puisi berbasis bahan ajar teks puisi berbasis bahan ajar teks puisi berbasisbahan ajar teks puisi berbasisbahan ajar teks puisi berbasisbahan ajar teks puisi berbasis bahan ajar teks puisi berbasisbahan ajar teks puisi berbasisbahan ajar teks puisi berbasis bahan ajar teks puisi berbasisbahan ajar teks puisi berbasis bahan ajar teks puisi berbasisbahan ajar teks puisi berbasisbahan ajar teks puisi berbasisbahan ajar teks puisi berbasis bahan ajar teks puisi berbasis bahan ajar teks puisi berbasisbahan ajar teks puisi berbasisbahan ajar teks puisi berbasis aplikasi aplikasi aplikasi aplikasi aplikasi aplikasi aplikasi aplikasi AnchorAnchor Anchor pada siswa kelas X SMA pada siswa kelas X SMA pada siswa kelas X SMA pada siswa kelas X SMA pada siswa kelas X SMA pada siswa kelas X SMA pada siswa kelas X SMA pada siswa kelas X SMA pada siswa kelas X SMA pada siswa kelas X SMA pada siswa kelas X SMA pada siswa kelas X SMA pada siswa kelas X SMA pada siswa kelas X SMA pada siswa kelas X SMA pada siswa kelas X SMA pada siswa kelas X SMA pada siswa kelas X SMA pada siswa kelas X SMA pada siswa kelas X SMA Swasta Raksana TaSwasta Raksana TaSwasta Raksana TaSwasta Raksana TaSwasta Raksana TaSwasta Raksana TaSwasta Raksana TaSwasta Raksana Ta Swasta Raksana Ta Swasta Raksana TaSwasta Raksana Ta Swasta Raksana TaSwasta Raksana TaSwasta Raksana Tahun Pembelajaran 2021/2022, (2) hun Pembelajaran 2021/2022, (2) hun Pembelajaran 2021/2022, (2) hun Pembelajaran 2021/2022, (2) hun Pembelajaran 2021/2022, (2) hun Pembelajaran 2021/2022, (2) hun Pembelajaran 2021/2022, (2) hun Pembelajaran 2021/2022, (2) hun Pembelajaran 2021/2022, (2) hun Pembelajaran 2021/2022, (2) hun Pembelajaran 2021/2022, (2) hun Pembelajaran 2021/2022, (2) hun Pembelajaran 2021/2022, (2) hun Pembelajaran 2021/2022, (2) Mendeskripsikan Mendeskripsikan Mendeskripsikan Mendeskripsikan Mendeskripsikan Mendeskripsikan Mendeskripsikan Mendeskripsikan Mendeskripsikan kelayakan bahan ajar berbasis aplikasi kelayakan bahan ajar berbasis aplikasi kelayakan bahan ajar berbasis aplikasi kelayakan bahan ajar berbasis aplikasi kelayakan bahan ajar berbasis aplikasi kelayakan bahan ajar berbasis aplikasi kelayakan bahan ajar berbasis aplikasi kelayakan bahan ajar berbasis aplikasi kelayakan bahan ajar berbasis aplikasi kelayakan bahan ajar berbasis aplikasi kelayakan bahan ajar berbasis aplikasi kelayakan bahan ajar berbasis aplikasi kelayakan bahan ajar berbasis aplikasi kelayakan bahan ajar berbasis aplikasi kelayakan bahan ajar berbasis aplikasi kelayakan bahan ajar berbasis aplikasi kelayakan bahan ajar berbasis aplikasi kelayakan bahan ajar berbasis aplikasi kelayakan bahan ajar berbasis aplikasi kelayakan bahan ajar berbasis aplikasi kelayakan bahan ajar berbasis aplikasi kelayakan bahan ajar berbasis aplikasi kelayakan bahan ajar berbasis aplikasi kelayakan bahan ajar berbasis aplikasi kelayakan bahan ajar berbasis aplikasi kelayakan bahan ajar berbasis aplikasi kelayakan bahan ajar berbasis aplikasi kelayakan bahan ajar berbasis aplikasi kelayakan bahan ajar berbasis aplikasi AnchorAnchor Anchor pada siswa kelas X SMA pada siswa kelas X SMA pada siswa kelas X SMA pada siswa kelas X SMA pada siswa kelas X SMA pada siswa kelas X SMA pada siswa kelas X SMA pada siswa kelas X SMA pada siswa kelas X SMA pada siswa kelas X SMA pada siswa kelas X SMA pada siswa kelas X SMA pada siswa kelas X SMA pada siswa kelas X SMA pada siswa kelas X SMA pada siswa kelas X SMA pada siswa kelas X SMA pada siswa kelas X SMA pada siswa kelas X SMA pada siswa kelas X SMA Swasta Raksana Tahun Pembelajaran 2021/2022.Swasta Raksana Tahun Pembelajaran 2021/2022.Swasta Raksana Tahun Pembelajaran 2021/2022.Swasta Raksana Tahun Pembelajaran 2021/2022.Swasta Raksana Tahun Pembelajaran 2021/2022.Swasta Raksana Tahun Pembelajaran 2021/2022.Swasta Raksana Tahun Pembelajaran 2021/2022.Swasta Raksana Tahun Pembelajaran 2021/2022. Swasta Raksana Tahun Pembelajaran 2021/2022. Swasta Raksana Tahun Pembelajaran 2021/2022.Swasta Raksana Tahun Pembelajaran 2021/2022. Swasta Raksana Tahun Pembelajaran 2021/2022.Swasta Raksana Tahun Pembelajaran 2021/2022.Swasta Raksana Tahun Pembelajaran 2021/2022.Swasta Raksana Tahun Pembelajaran 2021/2022. Swasta Raksana Tahun Pembelajaran 2021/2022.Swasta Raksana Tahun Pembelajaran 2021/2022.Swasta Raksana Tahun Pembelajaran 2021/2022.Swasta Raksana Tahun Pembelajaran 2021/2022. Swasta Raksana Tahun Pembelajaran 2021/2022.Swasta Raksana Tahun Pembelajaran 2021/2022.Swasta Raksana Tahun Pembelajaran 2021/2022.Swasta Raksana Tahun Pembelajaran 2021/2022.Swasta Raksana Tahun Pembelajaran 2021/2022.Swasta Raksana Tahun Pembelajaran 2021/2022.Swasta Raksana Tahun Pembelajaran 2021/2022. Swasta Raksana Tahun Pembelajaran 2021/2022. Swasta Raksana Tahun Pembelajaran 2021/2022. PenePenePene litian ini litian ini litian ini litian ini litian ini litian ini litian ini litian ini litian ini menggunakan sampel 32menggunakan sampel 32menggunakan sampel 32 menggunakan sampel 32menggunakan sampel 32 menggunakan sampel 32 menggunakan sampel 32 menggunakan sampel 32menggunakan sampel 32menggunakan sampel 32menggunakan sampel 32 menggunakan sampel 32menggunakan sampel 32menggunakan sampel 32 peserta didik dengan metode peserta didik dengan metode peserta didik dengan metode peserta didik dengan metode peserta didik dengan metode peserta didik dengan metode peserta didik dengan metode peserta didik dengan metode peserta didik dengan metode peserta didik dengan metode peserta didik dengan metode peserta didik dengan metode peserta didik dengan metode peserta didik dengan metode peserta didik dengan metode peserta didik dengan metode peserta didik dengan metode peserta didik dengan metode peserta didik dengan metode Research and Research and Research and Research and Research and Research and Research and Research and Research and DevelopmentDevelopmentDevelopmentDevelopmentDevelopmentDevelopment DevelopmentDevelopment (R&D) instrumen yang digunakan (R&D) instrumen yang digunakan(R&D) instrumen yang digunakan (R&D) instrumen yang digunakan(R&D) instrumen yang digunakan (R&D) instrumen yang digunakan(R&D) instrumen yang digunakan (R&D) instrumen yang digunakan(R&D) instrumen yang digunakan (R&D) instrumen yang digunakan(R&D) instrumen yang digunakan(R&D) instrumen yang digunakan(R&D) instrumen yang digunakan(R&D) instrumen yang digunakan(R&D) instrumen yang digunakan (R&D) instrumen yang digunakan(R&D) instrumen yang digunakan(R&D) instrumen yang digunakan (R&D) instrumen yang digunakan (R&D) instrumen yang digunakan dalam penelitian ini dalam penelitian inidalam penelitian inidalam penelitian inidalam penelitian inidalam penelitian ini dalam penelitian ini dalam penelitian inidalam penelitian inidalam penelitian inidalam penelitian inidalam penelitian inidalam penelitian ini dalam penelitian inidalam penelitian ini adalah adalah adalah adalah adalah adalah adalah skala likert, pada analisis kebuskala likert, pada analisis kebu skala likert, pada analisis kebuskala likert, pada analisis kebuskala likert, pada analisis kebuskala likert, pada analisis kebuskala likert, pada analisis kebuskala likert, pada analisis kebu skala likert, pada analisis kebu skala likert, pada analisis kebuskala likert, pada analisis kebuskala likert, pada analisis kebu skala likert, pada analisis kebu skala likert, pada analisis kebuskala likert, pada analisis kebuskala likert, pada analisis kebu skala likert, pada analisis kebuskala likert, pada analisis kebuskala likert, pada analisis kebuskala likert, pada analisis kebuskala likert, pada analisis kebuskala likert, pada analisis kebuskala likert, pada analisis kebu skala likert, pada analisis kebu tuhan, validasi materi, desain tuhan, validasi materi, desain tuhan, validasi materi, desain tuhan, validasi materi, desain tuhan, validasi materi, desain tuhan, validasi materi, desain tuhan, validasi materi, desain tuhan, validasi materi, desain tuhan, validasi materi, desain tuhan, validasi materi, desain tuhan, validasi materi, desain tuhan, validasi materi, desain tuhan, validasi materi, desain tuhan, validasi materi, desain tuhan, validasi materi, desain tuhan, validasi materi, desain tuhan, validasi materi, desain tuhan, validasi materi, desain tuhan, validasi materi, desain tuhan, validasi materi, desain tuhan, validasi materi, desain tuhan, validasi materi, desain tuhan, validasi materi, desain tuhan, validasi materi, desain dan penilaian dan penilaian dan penilaian dan penilaian dan penilaian dan penilaian dan penilaian dan penilaian dan penilaian dan penilaian peserta didik peserta didikpeserta didikpeserta didik peserta didikpeserta didikpeserta didik peserta didikpeserta didikpeserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengembangan Bahan Ajar Teks Puisi Berbasis Aplikasi Anchor Siswa Kelas X SMA Swasta Raksana Tahun Pembelajaran 2021/2022 termasuk kriteria “Sangat Baik”dapat dilihat dari hasil rata-rata penilaian dosen ahli materi dengan presentase 92% . Hasil dari penilaian dosen ahli desain 82% termasuk dalam kriteria “Sangat Baik”, dan didukung dari hasil uji coba produk kepada peserta didik memperoleh penilaian dengan presentase 88,2% yang termasuk dalam kriteria “Sangat Baik”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar teks puisi berbasis aplikasi Anchor layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.