Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas aplikasi google classroom terhadap kemampuan siswa pada pembelajaran menulis teks negosiasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 15 Medan dengan populasi 356 siswa. Sampel diambil secara acak dan didapat kelas X MIPA 2 (kelas eksperimen) dan kelas X MIPA 4 (kelas kontrol) sebagai sampel dalam penelitian ini dengan jumlah masing-masing 36 siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian posttest only control design. Intrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes dan angket. Perlakuan yang akan diberikan berupa aplikasi google classroom di kelas eksperimen dan whatsapp di kelas kontrol. Pada pembelajaran menulis teks negosiasi saat menggunakan aplikasi google classroom (kelas eksperimen) memperoleh nilai rata-rata sebanyak 87 termasuk dalam kategori sangat baik sedangkan pada pembelajaran menulis teks negosiasi saat menngunakan aplikasi whatsapp (kelas control) memperoleh nilai rata-rata sebnayak 74 termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis menggunakan uji “t” diperoleh nilai t0 = 4,86, selanjutnya dikontruksikam dengan tabel t pada taraf signifikan 5% atau α = 0,05 dengan df = N-1 df = 36-1= 35, Maka diperoleh ttabel pada taraf signifikasi 5% = 1,99. Nilai t0 > ttabel atau 3,58 > 1,66. Sehingga, hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Hal ini membuktikan aplikasi google classroom efektif digunakan pada pembelajaran menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA Negeri 15 Medan tahun pembelajaran 2020/2021. Aplikasi google classroom dapat mendukung proses pembelajaran, serta membantu guru dan siswa dalam pembelajaran.