Muatan Nilai Pendidikan Karakter Pada Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VII SMP
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam buku teks Bahasa Indonesia Kelas VII SMP terbitan Kemendikbud edisi revisi 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa kutipan kata, ungkapan, kalimat, atau pernyataan-pernyataan yang mengandung nilai pendidikan karakter. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku teks Bahasa Indonesia Kelas VII SMP terbitan Kemendikbud edisi revisi 2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi dokumentasi. Instrumen penelitian ini dilakukan dengan merujuk pada 5 nilai utama karakter yang merupakan kristalisasi dari 18 nilai karakter menurut Kemendikbud yaitu religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Hasil analisis terhadap nilai pendidikan karakter dalam buku teks Bahasa Indonesia Kelas VII SMP terbitan Kemendikbud edisi revisi 2017 menunjukkan adanya 5 nilai utama pendidikan karakter dengan nilai karakter gotong royong sebagai nilai yang paling dominan. Muatan nilai-nilai pendidikan karakter tersebut yaitu 50 butir nilai karakter religius, 50 butir nilai karakter nasionalis, 33 butir nilai karakter mandiri, 65 butir nilai karakter gotong royong, dan 24 butir nilai karakter integritas. Hasil dari penelitian ini dapat menjadi pertimbangan atau bahan masukan yang bermanfaat bagi pihak-pihak terkait seperti guru, siswa, dan pembaca untuk memperkaya pengetahuan serta wawasan khusunya yang berkaitan dengan pendidikan karakter.