ANALISIS KEBUTUHAN GURU DAN SISWA MENGENAI PENGEMBANGAN E- MODUL KIMIA BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATERI KIMIA KELAS X UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS
Main Authors: | Sutri, Endah, Juwita Ningsih, Tita |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2023
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/51038/1/Articel.pdf http://digilib.unimed.ac.id/51038/ https:pbexpo-unimed.com |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan bahan ajar yang berupa E-Modul berbasis problem solving sehingga dilakukan analisis kebutuhan guru dan siswa untuk mendapatkan data yang sesuai dengan kondisi dilapangan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan model pengembanga (R&D) berupa ADDIE. Penelitian ini hanya sampai kepada tahap satu yaitu tahap analisis. Instrument pengumpulan data pada penelitian ini yaitu lembar wawancara guru beserta dengan lembar angket guru dan siswa. Analisis yang dilakukan untuk dapat melihat bahan ajar yang digunakan oleh guru dan siswa, kendala yang terjadi pada proses pembelajaran serta sumber belajar apa yang diperlukan oleh guru dan siswa. Didapat hasil analisis pada peserta didik kelas X bahwa 30% siswa tidak menyukai kimia dan sejalan dengan 80% peserta didik sulit untuk memahami materi kimia karena menurut 88% peserta didik, guru hanya memberikan penjelasan secara teoritis saja berdasarkan bahan ajar berupa buku teks yang diberikan oleh sekolah. Hasil tersebut menunjukkan bahwa diperlukan pengembangan bahan ajar berupa e-modul berbasis problem solving pada materi kimia kelas X untuk meningkatkan keterampialan berpikir kritis.