PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE REPRESENTATION PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN MANUSIA UNTUK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 MEDAN
Main Authors: | Nanda Sari, Elvira, Gultom, Josephine Olivia |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2023
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/51036/1/Articel.pdf http://digilib.unimed.ac.id/51036/ https:pbexpo-unimed.com |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis multiple representasi pada level makro, (sub) mikro, dan simbolik berupa buku saku dan video pebelajaran yang dikembangkan. Masalah dalam memahami sistem pencernaan makanan pada manusia yaitu penggunaan media yang belum baik. Jenis penelitian pengembangan yang diguankan adalah pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ini meliputi 5 tahapan yaitu: Analisis (AnalysisI, Perancangan (Design), Pengembangan (development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (EvaluationI). Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2022. Subjek penelitian terdiri dari 1 orang dosen ahli materi dan bahasa, dan 1 orang guru ahli teknologi dan pembelajaran. Subjek siswa yaitu siswa Kelas VIII-2 SMP Negeri 5 Medan yang terdiri dari 33 siswa. Data di analisis dengan teknik kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata persentase penilaian oleh ahli materi dan bahasa sebesar 81,8% dengan kriteria “Layak”, ahli teknologi dan pembelajaran sebesar 98,95 dengan kriteria “Sangat layak”. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran bebasis multiple representasi ini layak digunakan sebagai media pembelajaran siswa kelas VIII IPA.