Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran sejarah kelas X IPS di SMA N 5 Medan Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan dengan metode Quasi Eksperimen. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, dimana seluruh kelas X IPS. Pengambilan sampel dilakukan dengan Teknik cluster random sampling, sampel yang dipilih adalah X IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan X IPS 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa dalam bentuk soal pilihan berganda. Setelah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas, data nilai pretes dari kelas eksperimen dan kontrol dinyatakan berdistribusi normal dan homogen. Melalui pengujian hipotesis diketahui bahwa kemampuan awal kedua kelas adalah sama. Kemudian, diberi perlakuan yang berbeda, yaitu kelas eksperimen dengan model pembelajaran problem based learning dan kelas kontrol menggunakan discovery based learning. Data post test yang diperoleh yaitu, hasil rata-rata nilai siswa di kelas eksperimen yaitu 83,33 dan kelas kontrol 77,03. Dari hasil pengujian hipotesis post-test diperoleh T_hitung > T_tabel yaitu (4,25 > 2,008) dengan taraf signifikansi 5% (α = 0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan antara model problem based learning dan discovery based learning terhadap hasil belajar sejarah kelas X IPS di SMA Negeri 5 Medan T.A 2021/2022.