Pengembangan Model Pembelajaran Station Rotation Blended Learning Pada Mata Kuliah Bahasa Arab Di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Main Author: Rahmaini,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2023
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/50865/1/1.%20NIM.%208156124012%20COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/50865/4/1.%20NIM.%208156124012%20COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/50865/2/2.%20NIM.%208156124012%20APPROVAL%20SHEET.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/50865/9/3.%20NIM.%208156124012%20ABSTRACT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/50865/3/1.%20NIM.%208156124012%20COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/50865/5/3.%20NIM.%208156124012%20ABSTRACT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/50865/6/4.%20NIM.%208156124012%20PREFACE.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/50865/7/5.%20NIM.%208156124012%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/50865/10/6.%20NIM.%208156124012%20TABLE.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/50865/8/7.%20NIM.%208156124012%20ILLUSTRATION.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/50865/11/8.%20NIM.%208156124012%20APPENDICES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/50865/12/9.%20NIM.%208156124012%20CHAPTER%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/50865/13/13.%20NIM.%208156124012%20CHAPTER%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/50865/14/14.%20NIM.%208156124012%20BIBLIOGRAPHY.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/50865/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk model pembelajaran, menilai tingkat kelayakan produk model pembelajaran, menilai tingkat kepraktisan produk model pembelajaran, menilai tingkat keefektifan produk model pembelajaran station rotation blended learning pada mata kuliah bahasa arab. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) menggunakan model dari Plomp. Tempat pelaksanaan penelitian ini di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU) Medan dikarenakan semua program studi yang ada di fakultas tarbiyah memiiliki mata kuliah bahasa arab sebagai mata kuliah umum. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) analisis statistik deskriptif; (2) analisis butir soal; dan (3) uji efektifitas produk. Untuk uji hipotesis digunakan rumus uji satu pihak (one tailed test), yaitu untuk mengetahui perbedaan rata-rata dua populasi/kelompok yang independent. Responden ternagi dalam dua kelompok, yaitu mereka yang menggunakan model pembelajaran dan tidak menggunakan model pembelajaran. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa: Model pembelajaran station rotation blended sangat layak dan dapat digunakan sebagai sumber belajar pada pembelajaran bahasa arab. Kelayakan model di tentukan oleh validasi ahli materi pembelajaran bahasa arab, validasi ahli desain pembelajaran, dan validasi ahli desain grafis, uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan/utama. Model pembelajaran station rotation blended learning sangat praktis diterapkan, kepada mahasiswa dan dosen yang membelajarkan bahasa arab. Model pembelajaran station rotation blended learning pada mata kuliah bahasa arab sangat efektif dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa yang ditunjukkan hasil pengujian efektivitas produk menggunakan uji t pada uji beda t test independent. Nili penerapan model pembelajaran station rotation blended learning pada mata kuliah bahasa arab sangat tinggi bila dibandingkan dengan nilai rata-rata mahasiswa kelas kontrol yang tanpa menggunakan Model pembelajaran station rotation blended learning pada mata kuliah bahasa arab.