Daftar Isi:
  • Menghadapi era pengetahuan diperlukan inovasi pembelajaran yang memungkinkan peserta pelatihan dapat mengakses pengetahuan dimanapun dan kapanpun. Peserta pelatihan memerlukan inovasi pembelajaran berbasis literasi digital yang dapat meningkatkan kreatifitas untuk perubahan cara belajarnya dengan teknologi karena seseorang mereduksi cara belajarnya berdasarkan lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar yang inovatif menggunakan elektronik – Modul Berbasis Literasi Digital (e-MBLD), yang valid, praktis, dan efektif dalam rangka meningkatkan hasil belajar, khususnya kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta pelatihan PJJ Guru Kimia MA pada Materi Esensial Hydrokarbon dan Minyak Bumi. Penelitian dilakukan dengan melakukan tahap Analisition, Desain, Development, Implementation, and Evaluation, (ADDIE). Subyek penelitian ini adalah peserta pelatihan jarak jauh Guru Kimia Madrasah Aliyah di Balai Diklat Keagamaan Medan sebanyak 23 orang peserta. Validasi instrumen tes dilakukan di Balai Diklat Keagamaan Aceh, terhadap 30 orang peserta pelatihan Guru Kimia MA. Hasil penelitian menunjukan bahwa Validitas produk e-MBLD pada pokok bahasan Materi Essensial Hidrokarbon Dan Minyak Bumi adalah valid artinya sangat layak. Kepraktisan desain e-MBLD pada pokok bahasan Materi Essensial Hidrokarbon dan Minyak Bumi dengan kriteria baik, Efektifitas produk e-MBLD pada pokok bahasan Materi Essensial Hidrokarbon dan Minyak Bumi dengan kriteria baik. Terdapat korelasi antara motivasi belajar dan kemampuan hasil belajar peserta PJJ yang menggunakan e-MBLD pada pokok bahasan materi essensial hidrokarbon dan minyak bumi karena harga Sig. < α (0,046 < 0,05) maka Ha diterima. Artinya terdapat hubungan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar yang diajarkan dengan e-MBLD, karena harga Sig. < α (0,034 < 0,05) maka Ha diterima. Artinya terdapat hubungan antara motivasi berprestasi belajar terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta pelatihan kimia yang diajarkan dengan e-MBLD kimia MA