Pengembangan Model Pembelajaran Religious Berbasis Autoplay untuk Membentuk Karakter Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Tingkat SMA
Daftar Isi:
- Pengembangan model pembelajaran religious berbasis autoplay untuk membentuk karakter siswa pada mata pelajaran Pendidikan agama katolik tingkat SMA Kota Medan 2023. Penelitian ini didasari oleh permasalahan karakter siswa yang selama ini kurang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menguji tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan model pembelajaran religious berbasis autoplay untuk membentuk karakter siswa SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Model Pembelajaran religious berbasis autoplay dikembangkan memenuhi kriteria komponen model pembelajaran yakni sintaks model, system social, system pendukung, prinsip reaksi pengelolaaan dan dampak instrupsional dan pengiring, serta instrument-instrumen yang diperlukan. Pengembangan model pembelajaran yang dilakukan mengikuti tahapan pengembangan yang dikemukakan oleh borg and gall dengan memperhatikan 3 aspek produk. Instumen yang dikembangkan berupa lembar validasi model pembelajaran dan perangkat pembelajaran, angket karakter yang divalidasi oleh ahli dan praktisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat model pembelajaran Religious berbasis autoplay yang dikembangkan valid dan efektif, Hasil Belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Religius berbasis autoplay adalah dari persentase pencapaian Hasil Belajar meningkat menjadi 86,11%; dan rata-rata respon siswa tentang seberapa pentingnya nilai-nilai pendidikan karakter sebesar 91% sudah melebihi batas minimal yang di tentukan yaitu sebesar ≥ 80%. Hal ini menunjukkan bahwa siswa sudah mempunyai respon positif terhadap nilai-nilai pendidikan karakter. Implikasi penelitian ini berupa model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar dan membentuk karakter siswa. Peneliti berharap peneliti selanjutnya menerapkan model pembelajaran religious berbasis autoplay baik ditingkat dasar maupun menengah