Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menyusun karakteristik model manajemen pelati-han berbasis SMART untuk meningkatkan kemampuan guru melaksanakan layanan khusus BK, mengukur kelayakan model manajemen pelatihan berbasis SMART untuk meningkatkan kemampuan guru melaksanakan layanan khusus BK, dan memprediksi efektivitas implementasi model manajemen pelatihan berbasis untuk meningkatkan kemampuan guru melaksanakan layanan khusus BK pada SMP di Kabupaten Nias Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian pengem-bangan (R & D). Hasil penelitian menunjukkan: Karakteristik model, rancangan produk disusun dalam struktur kurikulum yang spesifik, Produk dijalankan dengan komponen 1) syntax, 2) sistem sosial, 3) prinsip reaksi, 4) sistem pendukung, dan 5) dampak instruksional. Didukung dengan buku panduan dan buku modul; Ke-layakan model, instrumen divalidasi empat orang ahli (berpendidikan Doktor), val-idasi komponen model oleh ahli dan praktisi dinyatakan komponen disetujui dan sangat layak; Efektivitas model, uji lapangan terbatas menunjukkan rerata pretest kelompok perlakuan 42,83 posttest naik menjadi 86,00; Uji lapangan utama ke-lompok perlakuan rerata pretest 42,21 posttest naik menjadi 86,71 dan kelompok kontrol dari pretest 38.31 posttest 38.38. Uji t menunjukkan terdapat perbedaan ke-lompok perlakuan dengan kelompok kontrol (p-value < 0,001 < 0,05). Nilai rerata N-Gain persen kelompok perlakuan 77,45, kelompok kontrol 0,11. Angket enam dimensi yang diisi oleh peserta rata-rata 83,17 kategori sangat baik. Uji lapangan terbatas (siklus I) dan utama (siklus II) terjadi kenaikan kemampuan melaksanakan layanan khusus BK Guru setelah dilakukan pelatihan berbasis SMART sangat efek-tif untuk meningkatkan kemampuan Guru. Pendapat peserta pelatihan melalui angket enam dimensi pada uji lapangan terbatas uji lapangan utama Sangat Baik. Hasil penelitian direkomendasikan agar model ini diimplementasikan di sekolah.