PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE REPRESENTATION PADA MATERI SISTEM EKSKRESI GINJAL DI KELAS VIII II SMP N 5 MEDAN

Main Authors: Agustiani, Sri, Harun, Siti Chaliza, Djulia, Ely
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2023
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/50650/1/Fulltext.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/50650/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan respon peserta didik dengan mengembangkan media pembelajaran berupa video animasi dan alat peraga pada materi sistem eksresi yang lebih difokuskan kepada eksresi organ ginjal. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Model pengembangan ADDIE ini terdiri atas 5 tahapan yaitu: Analisis (Analysis), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Hasil yang diperoleh dalam pengembangan media pembelajaran berbasis multipel representasi yang dinilai oleh ahli materi dan bahasa diperoleh nilai sebesar 96,9% yang berarti sangat layak untuk digunakan. Sedangkan penilaian ahli dalam teknologi pembelajaran diperoleh nilai sebesar 91,7% yang artinya sangat layak digunakan dalam media pembelajaran berbasis multipel representasi. Respon siswa terhadap media pembelajaran multipel representasi terhadap aspek minat diperoleh nilai sebesar 79%, keterpahaman 81% dan kemudahan 77% artinya ketiga nilai pada respon siswa kelas VIII II SMP 5 Medan terhadap media pembelajaran berbasis multipel representasi baik untuk digunakan.