Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya tingkat promosi dan harga terhadap loyalitas konsumen pengguna aplikasi Shopee pada mahasiswa Prodi Pendidikan Bisnis 2019 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan harga terhadap loyalitas konsumen pada pengguna Aplikasi Shopee mahasiswa Prodi Pendidikan Bisnis 2019 FE UNIMED. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 52 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria responden merupakan pengguna aplikasi Shopee. Sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 38 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan dokumentasi dan angket (kuesioner) dengan pilihan jawaban menggunakan skala likert. Hasil analisis data menunjukkan besarnya kontribusi antara variabel bebas terhadap variabel terikat yang diperoleh melalui perhitungan koefisien determinasi (R Square) yaitu sebesar 0,449 atau dengan kata lain nilai koefisien determinasinya adalah 44,9%. Nilai tersebut berarti bahwa variabel promosi (X1) dan harga (X2) memberikan kontribusi pengaruh sebesar 44,9% terhadap loyalitas konsumen (Y) pada pengguna Shopee mahasiswa prodi Pendidikan Bisnis 2019, sedangkan 55,1% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Penelitian ini menunjukkan bahwa promosi dan harga merupakan faktor penting dalam meningkatkan loyalitas konsumen dalam suatu perusahaan. Promosi yang menarik dengan berbagai penawaran yang diberikan kepada konsumen, akan mendorong konsumen untuk melakukan pembelian ulang. Begitu juga dengan harga, karena harga dapat memberikan daya tarik konsumen terhadap suatu barang, dan sesuai dengan manfaat yang dirasakan hal ini tentunya akan memberikan tingkat kesetiaan pelanggan terhadap perusahaan.