Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Literasi Keuangan, Status SosialEkonomi dan Gaya Hidup Terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Kota Tanjungbalai. Populasi dalam penelitian berjumlah 120 siswa yang terdiri dari kelas XI IPS 1,XI IPS 2, dan XI IPS 3. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Penentuan jumlah sampel dihitung menggunakan rumus slovin, sehingga diperoleh sampel sebanyak 92 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan ada lahangket dalam bentuk skalalikert. Hasil analisis data menunjukkan bahwa persamaan regresi linear berganda padapenelitian ini yaitu Y = 29,789 + 0,73 (X1) + 0,486 (X2) – 0,196 (X3) + e , berartiada pengaruh positif dan negatifantara variabel literasi keuangan, status sosial ekonomi orang tua dangaya hidup terhadap pengelolaan keuangan pribadi. Pengujian secar aparsial(ujit) untuk ujihi potesisantaral iterasi keuangan terhadap pengelolaan keuangan pribadi menunjukkan nila ithitung 0,636<ttabelsebesar1,66235dengansig0,527,untukujihipotesisantara status sosial ekonomi orangtua terhadap pengelolaan keuangan pribadi menunjukkan nilai thitung 4,710 > ttabel 1,66235 dengan sig 0,000, untuk uji hipotesis antara gaya hidup terhadap pengelolaan keuangan pribadi menunjukkan nilai thitung -1,493 < ttabel sebesar -1,66235 dengan nilai sig0,139. Secara simultan (ujiF) diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (10,020 > 2,71) dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel Literasi Keuangan (X1), Status Sosial Ekonomi Orangtua (X2) dan Gaya Hidup (X3) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi (Y) Pada Kelas X I IPS SMA Negeri 2 Kota Tanjungbalai.