PENGARUH EFEKTIVITAS PERKULIAHAN DARING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BISNIS STAMBUK 2018 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Daftar Isi:
- Masalah dalam Penelitian ini adalah rendahnya kemampuan dalam mengikuti proses Perkuliahan daring mahasiswa Prodi Pendidikan Bisnis UNIMED. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Efektivitas Perkuliahan daring dan Motivasi Belajar Terhadap Kemandirian belajar. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 53 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik penarikan sampel total sampling. Sehingga penulis mengambil seluruh populasi yang dijadikan sampel yaitu sebanyak 53 mahasiswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dalam bentuk skala likert. Hasil analisis data menunjukan bahwa persamaan regresi linear berganda pada penenlitian ini yaitu Y = 7,288 + 0,688 X1 + 0,417 X2+ e berarti ada pengaruh positif dan signifikan variabel Efektivitas Perkuliahan Daring dan Motivasi Belajar terhadap Kemandirian Belajar. Pengujian secara parsial (Uji t) untuk uji hipotesis maka nilai thitung efektivitas perkuliahan online adalah sebesar 5,375 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Nilai thitung>ttabel. (5,375>1,675) dan nilai signifikansi (0,000<0,05), untuk variable Motivasi Belajar diperoleh hasil nilai thitung>ttabel (4,376 >1,675) dan nilai signifikansi (0,000<0,05) dan uji F diperoleh nilai Fhitung lebih besar Ftabel (33,342 >3,18) serta nilai Sig.= 0,000 lebih kecil dari nilai α (0,00 < 0,05) untuk uji hipotesis secara simultan antara Efektivitas Perkuliahan daring dan Motivasi Belajar Terhadap Kemandirian belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Efektivitas Perkuliahan daring dan Motivasi Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar pada mahasiswa Prodi Pendidikan Bisnis 2018 UNIMED. Koefisien determinasi (R2 ) yang diperoleh sebesar 0,571 atau 57,1%% perubahan pada kemandirian belajar dipengaruhi oleh efektivitas perkuliahan online dan motivasi Belajar.