MENINGKATKAN KOMPETENSI LITERASI TEKS TRANSAKSIONAL LISAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL PARA GURU BAHASA INGGRIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN READING TO LEARN (R2L)

Main Authors: Husein, Rahmad, Siregar, Masitowarni, Pulungan, Anni Holila
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/50467/1/Article.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/50467/
https://lppm.unimed.ac.id/prosiding/
Daftar Isi:
  • Artikel ini bertujuan untuk memaparkan upaya meningkatkan kompetensi literasi teks transaksional lisan para guru Bahasa Inggris terkait memberi dan meminta informasi berbasis kearifan lokal. Metode yang digunakan adalah deskripsi kualitatif. Data dikumpulkan melalui pengamatan, interviu, catatan lapangan, dan studi dokumentasi. Validasi data dilakukan dengan triangulasi kepada sumber informasi dan berdasarkan metode. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa para guru dapat menyusun perangkat pembelajaran: RPP, bahan ajar, media pembelajaran, lembar kerja peserta didik, dan penilaian sesuai dengan isi kompetensi dasar dan bernuansa kearifan lokal kota Medan tentang Istana Maimun. Guru juga dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan model Reading to Learn (R2L) oleh Rose dan Martin melalui tahapan: reading preparation, note-making, araphrase dan joint-construction.