PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN DAN DAYA SAING UKM KERIPIK SINGKONG KRIUK SERU MELALUI PENINGKATAN KAPASITAS TEKNOLOGI PRODUKSI DAN MANAJEMEN USAHA

Main Authors: Putri, Intan Cynara Valentina, Alti, Rahmi Mudia, Asri, Yoana Nurul
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/50453/1/Article.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/50453/
https://lppm.unimed.ac.id/prosiding/
Daftar Isi:
  • Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Stimulus (PKMS) bermitra dengan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kriuk Seru yang berlokasi di Kecamatan Cimahi Utara. Permasalahan yang ditemui adalah: 1) Proses pemotongan singkong masih memakai alat manual yang memiliki kapasitas kecil serta kurangnya peralatan penunjang, 2) Packaging produk keripik singkong belum menarik serta tidak mempunyai izin Registrasi Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT), 3) Pembukuan keuangan belum ada sehingga manajemen usaha tidak optimal, 4) Tidak maksimalnya aktivitas promosi produk dikarenakan penjualan hanya dilakukan di daerah Cimahi Utara. Tujuan dari kegiatan PKMS ini adalah meningkatkan kualitas serta kuantitas keripik singkong dengan cara membuat manajemen usaha yang lebih baik serta memperluas jangkauan pemasaran. Metode yang dipakai yakni sosialisasi, pelatihan, penyuluhan serta pendampingan. Solusi yang diberikan kepada mitra meliputi: 1) pelatihan pemakaian mesin pemotong singkong otomatis serta memberikan peralatan penunjang tambahan, 2) pelatihan packaging dengan menggunakan hand sealer dan pendampingan pengurusan legalitas usaha yang mencakup Nomor Induk berusaha (NIB) serta Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT), 3) pendampingan pembukuan keuangan, 4) pendampingan perluasan pemasaran. Hasil kegiatan berupa peningkatan kualitas produk dalam hal daya tahan/daya simpan yang lebih lama, peningkatan keterampilan mitra menggunakan alat pengiris singkong dan mesin spinner. Mitra juga memiliki kemampuan manajemen yang diterapkan dalam pecatatan keuangan/pembukuan yang jelas. Pendapatan mita meningkat dengan perluasan pemasaran melalui pemasaran secara online serta peningkatan pengetahuan mitra mengenai cara packaging, pengurusan NIB dan PIRT, serta pembuatan media promosi di marketplace