PELATIHAN TEKNIK PEMBELAJARAN LITERASI DALAM RANGKA MENYUKSESKAN PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) BAGI GURU SD PLUS JABAL RAHMAH MULIA

Main Authors: Nasution, Nani Barorah, Nasution, Yusra, Ambarita, Dody F.P.
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/50427/1/Article.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/50427/
https://lppm.unimed.ac.id/prosiding/
Daftar Isi:
  • Kegiatan pengabdian dilaksanakan Guru SD Plus Jabal Rahmah Mulia Berlokasi Jl. Balai Desa No.16-27, Sunggal, Kec. Medan Sunggal, dengan tema Pelatihan Teknik Pembelajaran Literasi Dalam Rangka Menyukseskan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Masalah yang dialami mitra Guru SD Plus Jabal Rahmah Mulia adalah 1) kompeten untuk meningkatkan profesionalisasinya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. 2) Guru SD Plus Jabal Rahmah Mulia belum mengimplementasikan dan mengembangkan strategi Gerakan Litersi Sekolah (GLS) dalam konteks pembelajaran. 3. Guru belum membutuhkan pengetahuan mengenai Teknik Pembelajaran Literasi dari praktisi Pendidikan. Solusi yang ditawarkan: 1) Sosialisasi dan pendampingan Teknik Pembelajaran Literasi dalam Rangka Menyukseskan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS). 2) Pendampingan Teknik Pembelajaran Literasi Dalam Rangka Menyukseskan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS). 3) Pengaplikasian Teknik Pembelajaran Literasi Dalam Rangka Menyukseskan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Metode pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan 6 tahapan yakni mulai dari analisis profil sekolah, analisis kebutuhan guru, menggundang ahli, melaksanakan pelatihan, melukan pendampingan, dan evaluasi. Evaluasi pelaksanaan program pengabdian menggunakan observasi,wawancara, angket atau kuesioner dan dokumentasi.