PENERAPAN BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) BERBASIS ONLINE DAN REKAYASA PRODUK BUNGA TELANG DI TANAH ENAM RATUS KECAMATAN MEDAN MARELAN

Main Authors: Surip, M., Dalimunthe, Fahmi, Daulay, M. Anggie J., Burhan, Raden
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/50374/1/Article.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/50374/
https://lppm.unimed.ac.id/prosiding/
Daftar Isi:
  • Bunga telang merupakan produk usaha berskala mikro yang dirintis oleh pengusaha yang berada di kelurahan Tanah Enam Ratus, Medan Marelan. Rintisan usaha bunga telang dilakukan pada awal masa pandemi covid-19 untuk mengisi waktu luang di sela bekerja dari rumah. Masalah yang muncul kemudian adalah sarana pemasaran dan penjualan produk tersebut. Belum maksimalnya saluran penjualan, desain kemasan dan promosi menyebabkan kurang maksimalnya profit penjualan yang dihasilkan. Promosi terhadap produk ini perlu dilakukan dengan menekankan khasiat yang dirasakan serta pemanfaatkan strategi bauran pemasaran. Beberapa aspek penerapan bauran pemasaran ini bertujuan untuk meningkatkan hasil penjualan UMKM yang berorientasi pada nilai ekonomi serta pemberdayaan masyarakat setempat. Penerapan bauran pemasaran yang dilakukan antara lain, pengemasan desain produk yang menarik, membuat produk-produk olahan berbahan bunga Telang, strategi penetapan harga bersaing, saluran distribusi dengan memanfaatkan e-commerce, promosi menggunakan jalur media online diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap penjualan bunga Telang dan produk olahannya ini. Metode pelaksanan kegiatan dilakukan dengan cara terjun langsung dan melakukan observasi lapangan untuk melihat kelemahan serta peluang apa yang dapat diraih untuk meningkatkan pemasaran bunga Telang. Selanjutnya dilakukan wawancara dengan mitra terkait untuk mengidentifikasi hal-hal penting yang dibutuhkan secara konsep yang kemudian dapat diterapkan dilapangan. Rekayasa produk berbahan bungan telang dilakukan yang kemudian menghasilkan produk-produk olahan sehingga memberikan target penjualan baru selain jalur penjualan yang telah ada. Dengan adanya program ini pemberdayaan masyarakat terkait dengan UMKM berbahan bunga telang dapat terealisasi dan dapat menyerap tenaga kerja serta memberikan penghasilan tambahan pada unit usaha.