Analisis Kemampuan Memahami Konsep Bilangan Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina 1 Tanjung Morawa T.A. 2021/2022
Daftar Isi:
- Penelitian dilakukan bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan memahami konsep bilangan pada anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina 1 Tanjung Morawa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang anak usia 5-6 tahun dan 1 orang guru kelas. Teknik analisis data penelitian menggunakan model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan anak mengurutkan lambang bilangan 1-10 pada saat kegiatan menyusun puzzle angka yang telah teracak menjadi puzzle angka yang beruturan menunjukkan hasil yang benar, kemampuan anak mencocokan bilangan dengan jumlah benda pada saat mengerjakan lembar kerja peserta didik (LKPD) menunjukkan hasil yang benar, dan kemampuan anak menggunakan lambang bilangan untuk menghitung pada saat menggunakan media kartu angka untuk menghitung jumlah batu menunjukkan hasil yang tidak benar. Berdasarkan penelitian ini diketahui bahwa ketiga orang anak lebih mampu memahami konsep bilangan dalam hal mengurutkan lambang bilangan 1-10 dan mencocokan bilangan dengan jumlah benda. Sedangkan, dalam menggunakan lambang bilangan untuk menghitung anak kurang mampu memahaminya.