Pengembangan Model Pembelajaran Umbrella Berbasis Pelatihan Pada Matakuliah Bolavoli
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk model pembelajaran umbrella berbasis pelatihan pada matakuliah bolavoli yang layak, dan efektif. Penelitian ini dilaksanakan pada mahasiswa fakultas ilmu keolahragaan jurusan pendidikan kepelatihan olahraga dan pendidikan jasmani kesehatan dan rekraesi pada bulan juni 2022. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian & pengembangan (R&D). Data diperoleh dengan menyebarkan angket untuk memvalidasi produk penelitian. Hasil pengembangan model pembelajaran umbrella berbasis pelatihan mempunyai 7 sintaks. Tahapan dalam model pembelajaran umbrella berbasis pelatihan ini memiliki tahapan sebagai berikut: showing, matter, warming up, exercise, colling down, analysis, evaluasi. Pengembangan model pembelajaran umbrella bolavoli berbasis pelatihan mengadopsi pengembangan instruksional Dick & Carey. Prosedur penelitian pengembangan menggunakan tahapan penelitian Borg & Gall menjadi tiga tahapan yaitu 1) studi pendahuluan, 2) pengembangan model dan 3) uji validitas model. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah buku model pembelajaran umbrella, buku ajar, buku panduan dosen dan buku panduan mahasiswa. Validitas pengembangan model dalam pembelajaran umbrella diukur menggunakan beberapa instrumen. Instrumen yang digunakan adalah instrumen lembar validasi terhadap konstruk sintkas yang digunakan untuk mengukur kualitas konstruk dan sintaks model pembelajaran umbrella pada matakuliah bolavoli. Model pembelajaran umbrella yang dikembangkan dinyatakn layak digunakan berdasarkan hasil penilaian ahli desain, ahli materi dan ahli media. Hasil uji kelayakan terhadap produk dari hasil penelitian pengembangan model pembelajaran umbrella bolavoli berbasis pelatihan dinyatakan layak oleh pengguna model pembelajaran umbrella, hasil uji keefektifan model pembelajaran umbrella bolavoli berbasis pelatihan menunjukkan perbedaan hasil belajar yang signifikan dengan sig value pada uji t < 0,05 dibandingkan kelas kontrol.