Pengaruh Layanan Penguasaan Konten Menggunakan Teknik Self Talk untuk Meningkatkan Self wareness Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Aek Kota Batu T.A. 2021/2022
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Layanan Penguasaan Konten Menggunakan Teknik Self Talk untuk Meningkatkan Self Awareness Siswa Kelas XI IPA 2. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pretest-posttest grup design. Subjek dalam penelitian ini adalah 10 orang siswa kelas XI IPA 2 SMAN 1 Aek Kota Batu yang memiliki kesadaran diri yang rendah. Data penelitian dikumpulkan dengan angket skala kesadaran diri yang diukur dari tiga indikator yaitu Mampu untuk mengenali emosi dan memahami diri sendiri, memiliki pengakuat diri yang akurat dan percaya diri yang tinggi yang berjumlah 30 item pernyataan yang telah valid dan reliabel. Skala kesadaran diri diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan penguasaan konten teknik self talk. Data dianalisis enggunakan uji wilcoxon untuk melihat apakah ada pengaruh signifikan pemberian layanan penguasaan konten teknik self talk untuk meningkatkan kesadaran diri siswa kelas XI IPA 2 SMAN 1 Aek Kota Batu. Hal ini dapat diperoleh dari hasil perhitungan dengan skor pre-test pada kelompok eksperimen diperoleh rata-rata 48,8 sedangkan data post-test diperoleh rata-rata 96,9. Hal ini dapat diperoleh dari uji wilcoxon yang menunjukan bahwa J hitung = 27, dimana N = 10 dan α =0,05, maka diperoleh J tabel = 8. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon diperoleh hasil bahwa Jhitung > Jtabel dimana 27 > 8, artinya dari perhitungan ini dapat dilihat perlakuan pada kelompok eksperimen artinya hipotesis diterima. Hal ini menunjukan Ada Pengaruh Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Self Talk Untuk Meningkatkan Self Awareness Siswa Kelas XI IPA 2 SMAN 1 Aek Kota Batu.