PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENANAMKAN SIKAP PEDULI SAMPAH DI KELAS XI SMAN 1 PURBATUA T.P 2020
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL) pada pembahasan peduli sampah di kelas XI SMA N 1 Purbatua Tahun Pembelajaran 2020/2021. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan media yang dikembangkan melalui Ahli media, Ahli materi, Ahli pembelajaran, respon pendidik dan respon peserta didik terhadap mediavideo pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL) yang dikembangkan. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 58 orang dan sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu kelas yang mewakili IPA dan IPS yang diambil dengan teknik purposive sampling. Metode penelitian dan pengembangan menggunakan metode ADDIE. Prosedur pengembangan media video pembelajaran dilakukan melalui beberapa tahap yaitu: (1) Tahap Analisis (Analysis) berupa analisis media pembelajaran dan analisis kebutuhan. (2) Tahap Perancangan (Design) berupa perancangan konsep dalam media dan penyusunan instrumen. (3) Tahap Pengembangan (Development) berupa proses pembuatan hingga validasi media. (4) Tahap Implementasi (Implementation) berupa uji coba produk kepada peserta didik. (5) Tahap Evaluasi (Evaluation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket untuk mengetahui kelayakan video, respon terhadap video serta pertumbuhan sikap siswa terhadap videopembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan 95% materi yang digunakan sangat layak, sebesar 93% desain video yang digunakan sangat layak, sebesar 86% media pembelajaran dalam video sangat layak, penilaian dari guru biologi terhadap video pembelajaran sebesar 82% yang dikategorikan sangat layak, respon siswa IPA & IPS terhadap video pembelajaran sebesar 83% yang dikategrikan sangat layak, dan hasil implementasi yang dilakukan kepada siswa IPA & IPS sebesar 84% yang dikategorikan sangat peduli. Keseluruhan video pembelajaran biologi sangat layak digunakan dan dapat menanamkan nilai sikap peduli sampah pada siswa.