ctrlnum 50230
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/50230/</relation><title>ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS VIII IPA SMP SE-KOTA MEDAN T.P 2021/2022</title><creator>Lubis, Noviadila Zahra</creator><subject>LC149 Literacy. Illiteracy</subject><subject>Q Science (General)</subject><description>Literasi sains merupakan kemampuan pribadi manusia untuk menerapkan pengetahuan juga keahlian mengenai sains dalam setiap tempat dan situasi yang nyata dan berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi sains ditinjau dari 1) aspek pengetahuan; 2) aspek kompetensi siswa kelas VIII SMP se-Kota Medan. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP se-Kota Medan tahun ajaran&#xD; 2021/2022. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara area samplin. Sampel yang&#xD; digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Medan (30 responden), SMP Swasta ST. Yoseph Medan (30 responden) dan SMP Swasta Ignasius-Entrepreneur School Medan (30 responden). Total seluruh responden dalam penelitian ini yaitu 90 peserta didik. Instrumen penelitian menggunakan: 1) soal tes berbasis literasi sains yang diadopsi dari soal PISA 2015; 2) wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kemampuan literasi sains siswa aspek pengetahuan siswa kelas VIII SMP se-Kota Medan dengan persentase skor sebesar 45,34%, tergolong kategori kurang sekali. Kemampuan literasi sains siswa aspek kompetensi siswa kelas VIII SMP se-kota Medan dengan persentase sebesar 53,52% tergolong kategori kurang. Dapat disimpulkan kemampuan literasi sains siswa kelas VIII se-Kota Medan pada kedua aspek tersebut masih tergolong kategori kurang dan perlu ditingkatkan.</description><date>2022-09-27</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/50230/1/1.%20NIM%204183351024%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/50230/2/2.%20NIM%204183351024%20APPROVAL%20SHEET.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/50230/3/3.%20NIM%204183351024%20ABSTRACT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/50230/4/4.%20NIM%204183351024%20PREFACE.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/50230/5/5.%20NIM%204183351024%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/50230/6/6.%20NIM%204183351024%20ILLUSTRATIO.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/50230/7/7.%20NIM%204183351024%20TABLES.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/50230/8/8.%20NIM%204183351024%20APPENDICES.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/50230/9/9.%20NIM%204183351024%20CHAPTER%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/50230/10/13.%20NIM%204183351024%20CHAPTER%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/50230/11/14.%20NIM%204183351024%20BIBLIOGRAPHY.pdf</identifier><identifier> Lubis, Noviadila Zahra (2022) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS VIII IPA SMP SE-KOTA MEDAN T.P 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>50230</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Lubis, Noviadila Zahra
title ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS VIII IPA SMP SE-KOTA MEDAN T.P 2021/2022
publishDate 2022
isbn 204183351024
topic LC149 Literacy. Illiteracy
Q Science (General)
url http://digilib.unimed.ac.id/50230/1/1.%20NIM%204183351024%20COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/50230/2/2.%20NIM%204183351024%20APPROVAL%20SHEET.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/50230/3/3.%20NIM%204183351024%20ABSTRACT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/50230/4/4.%20NIM%204183351024%20PREFACE.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/50230/5/5.%20NIM%204183351024%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/50230/6/6.%20NIM%204183351024%20ILLUSTRATIO.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/50230/7/7.%20NIM%204183351024%20TABLES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/50230/8/8.%20NIM%204183351024%20APPENDICES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/50230/9/9.%20NIM%204183351024%20CHAPTER%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/50230/10/13.%20NIM%204183351024%20CHAPTER%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/50230/11/14.%20NIM%204183351024%20BIBLIOGRAPHY.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/50230/
contents Literasi sains merupakan kemampuan pribadi manusia untuk menerapkan pengetahuan juga keahlian mengenai sains dalam setiap tempat dan situasi yang nyata dan berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi sains ditinjau dari 1) aspek pengetahuan; 2) aspek kompetensi siswa kelas VIII SMP se-Kota Medan. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP se-Kota Medan tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara area samplin. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Medan (30 responden), SMP Swasta ST. Yoseph Medan (30 responden) dan SMP Swasta Ignasius-Entrepreneur School Medan (30 responden). Total seluruh responden dalam penelitian ini yaitu 90 peserta didik. Instrumen penelitian menggunakan: 1) soal tes berbasis literasi sains yang diadopsi dari soal PISA 2015; 2) wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kemampuan literasi sains siswa aspek pengetahuan siswa kelas VIII SMP se-Kota Medan dengan persentase skor sebesar 45,34%, tergolong kategori kurang sekali. Kemampuan literasi sains siswa aspek kompetensi siswa kelas VIII SMP se-kota Medan dengan persentase sebesar 53,52% tergolong kategori kurang. Dapat disimpulkan kemampuan literasi sains siswa kelas VIII se-Kota Medan pada kedua aspek tersebut masih tergolong kategori kurang dan perlu ditingkatkan.
id IOS3150.50230
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2023-02-26T14:01:14Z
last_indexed 2023-02-26T14:01:14Z
recordtype dc
_version_ 1766033644854444032
score 17.538404