ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS VIII IPA SMP SE-KOTA MEDAN T.P 2021/2022
ctrlnum |
50230 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/50230/</relation><title>ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS VIII IPA SMP SE-KOTA MEDAN T.P 2021/2022</title><creator>Lubis, Noviadila Zahra</creator><subject>LC149 Literacy. Illiteracy</subject><subject>Q Science (General)</subject><description>Literasi sains merupakan kemampuan pribadi manusia untuk menerapkan pengetahuan juga keahlian mengenai sains dalam setiap tempat dan situasi yang nyata dan berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi sains ditinjau dari 1) aspek pengetahuan; 2) aspek kompetensi siswa kelas VIII SMP se-Kota Medan. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP se-Kota Medan tahun ajaran
2021/2022. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara area samplin. Sampel yang
digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Medan (30 responden), SMP Swasta ST. Yoseph Medan (30 responden) dan SMP Swasta Ignasius-Entrepreneur School Medan (30 responden). Total seluruh responden dalam penelitian ini yaitu 90 peserta didik. Instrumen penelitian menggunakan: 1) soal tes berbasis literasi sains yang diadopsi dari soal PISA 2015; 2) wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kemampuan literasi sains siswa aspek pengetahuan siswa kelas VIII SMP se-Kota Medan dengan persentase skor sebesar 45,34%, tergolong kategori kurang sekali. Kemampuan literasi sains siswa aspek kompetensi siswa kelas VIII SMP se-kota Medan dengan persentase sebesar 53,52% tergolong kategori kurang. Dapat disimpulkan kemampuan literasi sains siswa kelas VIII se-Kota Medan pada kedua aspek tersebut masih tergolong kategori kurang dan perlu ditingkatkan.</description><date>2022-09-27</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/50230/1/1.%20NIM%204183351024%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/50230/2/2.%20NIM%204183351024%20APPROVAL%20SHEET.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/50230/3/3.%20NIM%204183351024%20ABSTRACT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/50230/4/4.%20NIM%204183351024%20PREFACE.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/50230/5/5.%20NIM%204183351024%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/50230/6/6.%20NIM%204183351024%20ILLUSTRATIO.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/50230/7/7.%20NIM%204183351024%20TABLES.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/50230/8/8.%20NIM%204183351024%20APPENDICES.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/50230/9/9.%20NIM%204183351024%20CHAPTER%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/50230/10/13.%20NIM%204183351024%20CHAPTER%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/50230/11/14.%20NIM%204183351024%20BIBLIOGRAPHY.pdf</identifier><identifier> Lubis, Noviadila Zahra (2022) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS VIII IPA SMP SE-KOTA MEDAN T.P 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>50230</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Lubis, Noviadila Zahra |
title |
ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS VIII IPA SMP SE-KOTA MEDAN T.P 2021/2022 |
publishDate |
2022 |
isbn |
204183351024 |
topic |
LC149 Literacy. Illiteracy Q Science (General) |
url |
http://digilib.unimed.ac.id/50230/1/1.%20NIM%204183351024%20COVER.pdf http://digilib.unimed.ac.id/50230/2/2.%20NIM%204183351024%20APPROVAL%20SHEET.pdf http://digilib.unimed.ac.id/50230/3/3.%20NIM%204183351024%20ABSTRACT.pdf http://digilib.unimed.ac.id/50230/4/4.%20NIM%204183351024%20PREFACE.pdf http://digilib.unimed.ac.id/50230/5/5.%20NIM%204183351024%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf http://digilib.unimed.ac.id/50230/6/6.%20NIM%204183351024%20ILLUSTRATIO.pdf http://digilib.unimed.ac.id/50230/7/7.%20NIM%204183351024%20TABLES.pdf http://digilib.unimed.ac.id/50230/8/8.%20NIM%204183351024%20APPENDICES.pdf http://digilib.unimed.ac.id/50230/9/9.%20NIM%204183351024%20CHAPTER%20I.pdf http://digilib.unimed.ac.id/50230/10/13.%20NIM%204183351024%20CHAPTER%20V.pdf http://digilib.unimed.ac.id/50230/11/14.%20NIM%204183351024%20BIBLIOGRAPHY.pdf http://digilib.unimed.ac.id/50230/ |
contents |
Literasi sains merupakan kemampuan pribadi manusia untuk menerapkan pengetahuan juga keahlian mengenai sains dalam setiap tempat dan situasi yang nyata dan berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi sains ditinjau dari 1) aspek pengetahuan; 2) aspek kompetensi siswa kelas VIII SMP se-Kota Medan. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP se-Kota Medan tahun ajaran
2021/2022. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara area samplin. Sampel yang
digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Medan (30 responden), SMP Swasta ST. Yoseph Medan (30 responden) dan SMP Swasta Ignasius-Entrepreneur School Medan (30 responden). Total seluruh responden dalam penelitian ini yaitu 90 peserta didik. Instrumen penelitian menggunakan: 1) soal tes berbasis literasi sains yang diadopsi dari soal PISA 2015; 2) wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kemampuan literasi sains siswa aspek pengetahuan siswa kelas VIII SMP se-Kota Medan dengan persentase skor sebesar 45,34%, tergolong kategori kurang sekali. Kemampuan literasi sains siswa aspek kompetensi siswa kelas VIII SMP se-kota Medan dengan persentase sebesar 53,52% tergolong kategori kurang. Dapat disimpulkan kemampuan literasi sains siswa kelas VIII se-Kota Medan pada kedua aspek tersebut masih tergolong kategori kurang dan perlu ditingkatkan. |
id |
IOS3150.50230 |
institution |
Universitas Negeri Medan |
institution_id |
60 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Medan |
library_id |
564 |
collection |
Digital Repository Universitas Negeri Medan |
repository_id |
3150 |
subject_area |
Adat Istiadat Agama Akuntansi |
city |
KOTA MEDAN |
province |
SUMATERA UTARA |
repoId |
IOS3150 |
first_indexed |
2023-02-26T14:01:14Z |
last_indexed |
2023-02-26T14:01:14Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1766033644854444032 |
score |
17.538404 |