Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yang bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan pendekatan saintifik yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pencemaran lingkungan. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 11 Medan. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-6 di SMP Negeri 11 Medan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket validasi ahli materi, angket validasi ahli media, angket tanggapan peserta didik serta instrumen tes dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 10 soal untuk mengukur peningkatan berpikir kritis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) LKPD dinyatakan valid dan sangat layak digunakan dalam pembelajaran berdasarkan penilaian oleh ahli materi dan ahli media dengan peroleh skor rata-rata 87,25% (2) LKPD dengan pendekatan saintifik berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dengan skor N-gain 0,76 kategori tinggi, (3) peserta didik memberikan respon yang positif terhadap LKPD memperoleh skor 97,5% dengan kriteria baik.