PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERPIKIR KREATIF PADA MATERI RANGKAIAN ARUS SEARAH DI SMA/MA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan instrumen tes berpikir kreatif pada materi Rangkaian Arus Searah melalui hasil analisis validitas, realibilitas dan uji respon serta untuk mengetahui respon siswa terhadap instrumen tes berpikir kreatif yang dikembangkan. Pemilihan subjek penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini merupakan 15 orang siswa kelas XII MIA 3 SMA Negeri 1 Sumbul sebagai kelas uji kelompok kecil dan 69 orang siswa kelas XII MIA 1 dan XII MIA 3 SMA Negeri 1 Sumbul sebagai kelas uji kelompok besar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Dengan instrumen penelitian yang terdiri dari lembar wawancara, instrumen tes dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil analisis data produk akhir yang diperoleh adalah sebanyak 11 butir soal uraian instrumen tes berpikir kreatif yang valid dan memiliki nilai realiabilitas sebesar 0,7863 dengan kategori tinggi. Hasil nilai rata-rata yang diperoleh dari uji respon siswa adalah sebesar 229,1 dengan hasil persentase sebesar 82,96% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa instrumen tes berpikir kreatif pada materi rangkaian arus searah yang dikembangkan sudah layak digunakan menurut ahli materi dan guru mata pelajaran fisika di sekolah, hasil validitas, realibilitas serta uji respon siswa