Pengembangan Civic Responsibility Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di SMP Negeri 4 Percut Sei Tuan
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kegiatan ekstrakurikuler dalam membangun civic responsibility siswa di SMP Negeri 4 Percut Sei Tuan dan mendeskripsikan apa saja yang menjadi tantangan dalam pengembangan civic responsibility siswa terhadap kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 4 Percut Sei Tuan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran kegiatan ektrakulikuler dalam membangun civic responsibility siswa di SMP Negeri 4 Percut Sei Tuan serta yang menjadi tantangan dalam pengembangan civic responsibility siswa pada kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 4 Percut Sei Tuan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif yang mengacu kepada teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru pembina ekstrakurikuler yang berjumlah lima orang dan siswa yang berjumlah 12 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menurut Milles dan Huberman (1992:90) yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Adapun hasil penelitian menunjukkan melalui berbagai macam bentuk kegiatan ekstrakurikuler diyakini mampu membina serta menguatkan siswa untuk menjalankan perannya dengan penuh tanggung jawab, serta dapat memberikan berbagai dampak positif dalam mengatasi setiap problematika yang muncul pada dirinya dengan penuh tanggung jawab. Tantangan dan hambatan pada dasarnya hambatan tersebut bisa muncul dari diri individu situasi dan kondisi dari luar lingkungan misalnya sikap jenuh siswa untuk malas mengikuti rangkaian kegiatan ekstrakurikuler tidak disiplin dan jarang mengerjakan tugas dari pembina dan lain sebagainya