Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia pembelajaran interaktif terhadap kemampuan kognitif dan afektif siswa materi sistem pernapasan manusia kelas VIII SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Quasi Eksperiment. Populasi penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan T.A 2021/2022. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui pemberian soal pretes pada awal pembelajaran dan postes di akhir pembelajaran. Soal tes dikembangkan melalui validasi ahli dan uji coba kepada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan. Data di analisis dengan menghitung rata- rata, Uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis data terhadap hasil belajar pada kegiatan pretes dan postes siswa terjadi peningkatan nilai rata-rata yang diperoleh siswa setelah mendapat perlakuan. Hasil pengujian hipotesis pada kemampuan kognitif menggunakan uji statistik non parametrik dengan uji Mann Whitney diperoleh Sig. < 0,05 (0,00 < 0,05). Artinya Ha diterima atau terdapat pengaruh multimedia interaktif terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi sistem pernapasan manusia kelas VIII SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan. Pada kemampuan afektif siswa diperoleh Sig. > 0,05 (0,23 > 0,05). Artinya Ha ditolak atau tidak ada pengaruh yang signifikan penggunaan multimedia interaktif terhadap kemampuan afektif siswa pada materi sistem pernapasan manusia kelas VIII SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan.