Daftar Isi:
  • Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mendiagnosa penguasaan konsep siswa pada materi suhu dan kalor. Jenis penelitian ini adalah Research and development (R&D) dengan mengikuti prosedur pengembangan Model Brog and Gall yang terdiri dari 10 tahap, yaitu fase potensi dan masalah, fase perencanaan, fase desain tes diagnostik three tier, fase validasi tes diagnostik three tier, fase revisi desain tes diagnostik three tier, fase uji coba skala terbatas, fase revisi tes diagnostik three tier, fase uji skala besar, fase revisi tes diagnostik three tier, fase produk akhir tes diagnostik three tier. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA di SMAS Budisatrya. Instrumen yang digunakan adalah wawancara, angket dan tes. Hasil pengujian validitas isi dari instrumen tes oleh validator ahli mengindikasikan bahwa instrumen tes yang disusun tergolong valid dengan rata-rata 98%, yang artinya tes masuk kategori sangat baik. Dari hasil pengembangan instrumen tes diagnostik three tier yang dikembangkan terdapat 22 butir soal tes dapat dikatakan layak. Hasil uji reliabilitas instrument tes pengujian menunjukkan bahwa tes tersebut masuk kategori reliabilitas tinggi, dengan rata-rata 0,81 . Hasil analisis jawaban siswa terhadap instrument tes yang diujikan menunjukkan bahwa; siswa kelas XI IPA SMAS Budisatrya Medan memiliki rata-rata miskonsepsi sebesar 33%, paham konsep sebesar 18%, kurang memahami konsep sebesar 23%, tidak mengerti konsep sebesar 15%, dan menebak sebesar 11%. Dari hasil pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Three-Tier disimpulkan bahwa tes dapat digunakan untuk mengidentifikasi dan mengetahui tingkat miskonsepsi siswa