Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex-post facto, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI OTKP SMK N 7 Medan yang berjumlah 216 siswa. Sampel diambil dengan meggunakan rumus Slovin dan teknik yang digunakan yaitu proportional random sampling dari populasi sebanyak 102 siswa. Uji Validitas Instrument menggunakan rumus product moment correlation dan Uji Reliabilitas menggunakan rumus Cronabach Alpha. Hasil penelitian diperoleh analisis data persamaan regresi linear berganda yaitu: Y = 29.998 + 0,479X1 + 0,507X2. Secara parsial variabel pembelajaran blended learning (X1) diperoleh hasil thitung> ttabel (3.961>1,660) dan nilai signifikansi (0,019 < 0,05) dan variabel self efficacy (X2) diperoleh hasil thitung> ttabel (4.700 >1,660) dan nilai signifikansi (0,019 < 0,05). Secara simultan diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (23,753 > 3,09) dan nilai signifikansi (0,019 < 0,05) yang bermakna bahwa variabel pembelajaran blended learning dan self efficacy secara bersama sama atau simultan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa Kelas XI OTKP SMK N 7 Medan Berdasarkan penjelasan diatas bahwa penelitian yang telah dilakukan di Negeri 7 Medan sesuai dengan penelitian-penelitian yang relevan bahwa pembelajaran blended learning dan self efficacy memiliki pengaruh yang