PERSEPSI MAHASISWA PESERTA MATAKULIAH STRUKTUR HEWAN TERHADAP PERKULIAHAN DARING SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FMIPA UNIMED SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2020/2021
Daftar Isi:
- Pembelajaran daring menjadi solusi terbaik terhadap proses belajar mengajar dimasa pandemi Covid-19. Prodi Pendidikan Biologi salah satu prodi yang ikut menerapkan pembelajaran daring, salah satunya pada mata kuliah struktur hewan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring pada mata kuliah struktur hewan serta masalahmasalah yang timbul dalam proses belajar yang dihadapi oleh mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini seluruh mahasiswa Pendidikan Biologi angkatan 2020 dan sampel dalam penelitian ini mahasiswa Pendidikan Biologi A angkatan 2020 yang telah mengambil mata kuliah struktur hewan secara daring. Teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengisian kuesioner melalui Google Form yang dilakukan kepada beberapa mahasiswa untuk mengetahui kendala dalam pembelajaran daring. Hasil penelitian menunjukkan persepsi Mahasiswa terhadap pembelajaran daring pada mata kuliah struktur hewan dimasa pandemi Covid-19 secara keseluruhan memperoleh hasil 61,0% dengan kategori kurang baik. Kendala dalam pembelajaran daring pada mata kuliah struktur hewan terdiri dari jaringan yang kurang mendukung, kurangnya pemahaman mahasiswa terhadap materi, dan terbatasnya kuota internet yang dimiliki mahasiswa. Maka, diperoleh kesimpulan bahwa persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring pada mata kuliah struktur hewan termasuk dalam kategori kurang baik dengan beberapa kendala yang dihadapi mahasiswa dalam proses belajar, adapun saran dari peneliti sebaiknya mahasiswa harus giat mencari materi dari sumber lain tidak hanya menerima dari pendidik saja.